PELATIHAN KADER PKK KELURAHAN KARANGWANGKAL

PELATIHAN KADER PKK KELURAHAN KARANGWANGKAL

 

     
 Pelatihan Kader PKK (Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga) merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kapasitas dan keterampilan kader dalam melaksanakan berbagai program PKK di tingkat desa atau kelurahan. Program ini bertujuan untuk memperkuat peran kader PKK dalam memberdayakan keluarga dan masyarakat.

Seperti yang sudah terlaksana di Kelurahan Karangwangkal Kecamatan Purwokerto Utara, Kegiatan Pelatihan berlangsung selama 3 hari dimulai dari tanggal 23 juli 2024 hingga 24 juli 2024 berlokasi di Pendopo Kelurahan Karangwangkal.
Ada 3 sesi dalam kegiatan ini, dihari pertama adalah Pelatihan pengisian data kependudukan yang dihadiri oleh Aditya Suswandani selaku narasumber perwakilan dari PLKB Kec.Purwokerto Utara, dilanjutkan dihari ke dua yaitu pelatihan membuat bouquet dengan narasumber Lika Yuli Fiani yang merupakan anggota Aspikmas Kab.Banyumas, selanjutnya dihari terakhir adalah Pelatihan Menjahit, dengan nara sumber Laeli Fauziati Siti Sumiah dan  Susilowati.

      Kegiatan ini adalah salah satu upaya kita untuk memberi ketrampilan pada Kader PKK, yang bertujuan meningkatkan ekonomi, baik secara mandiri atau kelompok, dengan harapan pelatihan ini memberi nilai lebih untuk kita semua, ujar Camat Purwokerto Utara Dra.Erny Indriastuti, M.M selaku narasumber utama.
hal senada  disampekan oleh Lurah Karangwangkal Etik Yiniarti, S.Pt, Kegiatan ini sangat bagus untuk pengembangan ketrampilan, sehingga saya sangat mendukung penuh  kegiatan ini.

      Kegiatan pelatihan dihadiri oleh 30 peserta dalam setiap sesinya, terlihat para peserta sangat antusias dengan kegiatan yg dilaksanakan Oleh Program Permas Kelurahan. Seperti yang disampekan oleh Kasi Permas Kelurahan Karangwangkal Gani Werdani, SE, Kegiatan ini merupakan kegiatan Permas yang dibiayai oleh anggaran Permas masing-masing Kelurahan, dengan tujuan meningkatkan kemampuan kader PKK untuk berwirausaha.

Pelatihan ini biasanya melibatkan materi teoretis dan praktis, serta simulasi atau studi kasus untuk mempersiapkan kader PKK menghadapi tantangan di lapangan. Kader yang terlatih diharapkan dapat menjadi agen perubahan yang efektif di komunitas mereka dan berkontribusi pada pencapaian tujuan PKK secara keseluruhan.

Laeli Fauziati Siti Sumiah, salah satu narasumber pada pelatihan menjahit, menambahkan bahwa acara ini sangat ditunggu oleh kader PKK, karena secara otomatis dapat meningkatkan kemampuan dan ketrampilan, dengan harapan untuk diadakan secara rutin pertahun pelatihan yang berbeda-beda

     


Tak ketinggalan juga dilengkapi dengan tambahan pelatihan oleh Seklur Karangwangkal Nurul Wulandhani, SE, yaitu Pelatihan digital marketing dan Tehnik Pengambilan foto prodak.
Semua produk dari hasil pelatihan ini, perlu adanya trik marketing untuk memperluas jangkauan dan menambah pangsa pasar, sehingga produk yg tercipta akan laku dipasaran.
untuk mensiasati hal ini, disertakan pula teknik pengambilan foto produk, yg membuat produk semakin estetik saat tampil dalam sebuah iklan media social, yg bertujuan mengikat hati konsumen untuk membeli produk-produk tersebut. (AO)

Related Posts

Komentar